Mar 15, 2015

Dark Souls 2 - Behind the Scenes

Title: Dark Souls 2
Genre: Action RPG
Platform: PS3, XBOX360, Windows, PS4, XBOX One


Penjelasan singkat mengenai Dark Souls 2:
Dark Souls 2 merupakan game sequel dari Dark Souls.
Pada game ini player menjadi seorang hollow yang berpetualang menuju penguasa di dunia Dark Souls 2 tersebut untuk menjadi penerusnya.

Pada Dark Souls 2 ini memakai graphics engine terbaru yang dibuat oleh From Software.
Dengan graphic engine baru ini, Dark Souls 2 berhasil mebuat gerakan - gerakan yang ada di dalam game menadi lebih halus.
Terutama pada bagian lighting, shadowing dan rendering ini menjadi lebih bagus dan terlihat nyata dibanding seri sebelumnya.
Seperti contohnya gimmick yang terdapat di dalam game ini yaitu tidak terlihat di dalam layar namun bayangannya terlihat bergerak.

Gerakan-gerakan pada character memakai gerakan manusia asli (motion capture).
Gerakan-gerakan saat mengayungkan senjatanya persis saat kita coba memakainya.
Seperti mengayungkan pedang raksasa yang harus dibawa dengan kedua tangannya, gerakannya benar-benar terlihat sangat berat jika kita membawanya.
Tidak ada gerakan yang tidak mungkin bisa dilakukan oleh manusia. Pada game ini segala gerakan oleh manusia dibuat benar-benar berdasarkan gerakan manusia asli.


Tampilan UI
Pada Screen Shot UI di atas terlihat ada bar warna merah untuk menjelaskan sisa HP pada player, bar hijau untuk menjelaskan stamina pada player, pojok kanan bawah menjelaskan jumlah soul (mata uang pada game ini) yang dimiliki.
Pada kiri bawah terdapat 4 kotak besar yang menjelaskan:
Atas = memakai spell yang terlihat pada kotak tersebut
Kanan / kiri = memakai senjata / pelindung yang terlihat pada kotak tersebut
bawah = memakai item yang terlihat pada kotak tersebut

2 kotak kecil pada kotak kiri untuk menjelaskan jumlah anak panah yang sedang digunakan.

Perbedaan grais antar platform

Pada versi Xbox One dan PS4, karena spec yang memadai, 
tingkat FPS menjadi 60 FPS dan complatible dengan 1080p,
kualitas graphic dan highperformancenya jauh meningkat.
Untuk PS3 dan XBOX 360 hanya sebatas 30FPS dan 720p

Design Art
 Salah satu armor set yang bisa dipakai oleh player.

 Salah satu boss enemy yang muncul pada Dark Souls 2

 Salah satu enemy yang muncul pada Dark Souls 2

  Gambaran pada salah satu kota dalam Dark Souls 2


Credit sederhana untuk bagian grafis(daftar orang-orang yang tersangkut dalam pembuatan grafik pada game ini):

Director

Tomohiro Shibuya
Yui Tanimura

Project Manager

Shinichiro Nishida
Yuzo Kojima

Lead Graphics Programmer

Takasuke Ando
Game Programmer

Kyoichi Murata
Kazuaki Ito
Masashi Shimizu
Kenji Uchida
Tomotaka Nakamura
Shun Okabe

Animation Programmer

Yoshiaki Watanabe
Keita Shibahara

Effects Programmer

Takasumi Watanabe

Graphics System Section

Yu Kajii

Character Artist

Naomi Fujikawa
Rieko Ito
Yuwen Hao
Dai Pengfei
Tomoko Watanabe
Yoshinori Takeuchi
Lee Jihye
Sachie Ito
Minoru Sugiyama (IMAGICADIGITALSCAPE Co., Ltd. )
Hideyuki Akahane (CREEK & RIVER Co., Ltd. )
Shunsuke Yamamoto (CREEK & RIVER Co., Ltd. )
Visual Flight Co., Ltd
Environment Artist

Hidenori Sato
Hikaru Wada
Yukio Mizuochi
Takuya Kato
Ryusuke Nagano
Koichi Ishikawa
Isao Saitoh
Yuki Kunisada
Daisuke Higuchi (Tricrest,inc)
Jun Takeda (Tricrest,inc)
Keisuke Tsugita (Tricrest,inc)
Maaya Kawamura (Teco Co.,Ltd.)
Tetsuya Okuno (Teco Co.,Ltd.)
Yukiko Takahashi (Teco Co.,Ltd.)
Mitsuhiro Oomori (NAC Inc.)
Kazuki Sawada (D.H Inc.)
Takumi Ueda (D.H Inc.)
Takaya Shinkai (D.H Inc.)
Tamami Aoyama (D.H Inc.)
Ei Mitsuhashi (D.H Inc.)
Lakshya Digital Pvt. Ltd.
UI Artist

Masaru Minokawa

Director/CG Director

Hiroyuki Yoshida
Production Manager

Satoru Yoshino
Designer

Takeshi Yano
Yuta Sukegawa
Yuichi Kubota
Atsushi Sato
Tomotaka Yokoo
Shinji Kato
Project Support

Hiroyuki Gotoh
Toshiya Kimura
Syuji Omori
Motohiro Ogawa
Etsuko Makita

Referensi:
http://darksouls2.wikidot.com/
http://ja.wikipedia.org/wiki/DARK_SOULS_II
http://www.ign.com/articles/2014/03/03/making-dark-souls-ii
http://www.polygon.com/2013/6/17/4438370/dark-souls-2-engine-interview-e3-2013
http://blog.gamekana.com/archives/8048084.html